Article

Serah Terima Peserta KKN Tematik FILKOM UB di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur

by ADMINISTRATOR KKN on Jul 19, 2022 in News


Last updated on Jul 19, 2022 by ADMINISTRATOR KKN



Hari pertama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang diawali dengan kegiatan serah terima peserta KKN-T oleh Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom. selaku Wakil Dekan III FILKOM UB dan Hariadi selaku Sekretaris Desa Srigonco (18/7/2022). Dalam sambutannya Arif Rahman menyampaikan bahwa ini merupakan tahun kedua pelaksanaan KKN-T oleh UB. Dimana kegiatannya dibagi menjadi dua yaitu kegiatan di kampus berupa pembekalan dan persiapan serta kegiatan di desa berupa implementasi program kerja.

“Untuk kegiatan di kampus sudah diadakan sejak 1 Juli lalu. Kemudian untuk kegiatan di desa akan dilakukan mulai 18 Juli sampai pertengahan Agustus,” ungkap Arif Rahman.

Selanjutnya Arif Rahman juga memohon ijin kepada pihak desa untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa FILKOM melakukan aktivitas dan melaksanakan program kerja KKN-T. Harapannya, kehadiran mahasiswa FILKOM di desa Srigonco bisa memberikan kontribusi positif untuk perkembangan desa.

“Pertama kami kulonuwon mengantarkan adik-adik ini, insyaallah kita dapat bekerjasama dengan baik. Karena salah satu tujuan dari KKN-T ini adalah untuk menunjukkan kepada mahasiswa bahwa yang dibangun jangan hanya kota saja, tapi juga desa. Oleh karena itu kami di rapat Dekanat memilih lokasi KKN-T dekat pantai. Mengapa demikian? Pertimbangannya karena salah satu poin penting dari Malang ini adalah pariwisata. Pariwisata yang berkembang niscaya akan mendongkrak hal positif lainnya baik segi UMKM maupun finansial dan lain sebagainya,” jelas Arif Rahman.

Untuk diketahui, tahun ini FILKOM memberangkatkan 702 mahasiswa dalam program KKN-T ke 47 Desa di 5 Kecamatan di Kabupaten Malang. Adapun Kecamatan yang dituju meliputi Kecamatan Poncokusumo, Bantur, Gedangan, Sumbermanjing Wetan dan Donomulyo. Di setiap Desa ditugaskan satu kelompok yang terdiri atas maksimal 15 mahasiswa. Program kerja yang dilakukan setiap kelompok merupakan salah satu dari pilihan aktivitas yang telah ditentukan oleh FILKOM. Adapun pilihan aktivitas tersebut antara lain pengelolaan sampah (waste management); pengembangan dan pembuatan peta digital desa; pembuatan video profile desa; pembuatan desain packing, logo dan promosi digital untuk UMKM; pelatihan digital marketing dan e-commerce untuk UMKM; pelatihan TIK untuk perangkat desa; literasi TIK utk masyarakat umum; pelatihan bhs inggris untuk tourism bagi karang taruna; sistem pendataan kependudukan dan pembuatan portal website desa wisata. [dna]

Categories

Archive

Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Brawijaya

Jalan Veteran No. 8 Malang-Indonesia


© FILKOM UB. All rights reserved.