Article

Penanganan Hoax di Desa Dengkol usulan KKN Filkom

by ADMINISTRATOR KKN on Jun 20, 2022 in News


Last updated on Jun 20, 2022 by ADMINISTRATOR KKN



Desa Dengkol, Kecamtan Singosari merupakan salah satu desa terpilih yang menjadi tempat KKN mahasiswa FILKOM yaitu dari kelompok 33. Sebelumnya di desa Dengkol telah ada 3 kelompok KKN dari FILKOM yang melakukan program kerja. Penangkalan hoax (berita palsu) merupakan suatu program kerja yang digagas untuk membantu suatu masyarakat dalam mengenal dan mencegah terjadinya hoax. Mengingat mayoritas dari masyarakat di desa banyak yang belum tahu dan minim informasi mengenai berita-berita hoax.

Sosialisasi terkait penangkalan hoax kepada masyarakat termasuk ke anak anak sekolah dasar sebagai objek sasaran pelaksanaan dalam kelompok 33 kali ini. Harapannya agar masyarakat dapat memiliki pengetahuan yang lebih untuk dapat memahami tentang internet dan memahami tentang pengertian hoax serta ciri ciri hoax, cara menanggulanginya dan konsekuensinya jika menyebarkan hoax. Nantinya akan dilakukan sosialisasi sekala bertahap dan berkala terkait penangkalan hoax kepada masyarakat termasuk ke anak anak sekolah dasar sebagai objek sasaran pelaksanaan.

Tak hanya mengusung mengenai penangkalan hoax kepada siswa sekolah dasar. Ada beberapa program juga yang dijalankan yaitu pengenalan kepada masyarakat mengenai internet, penggunaan internet, bagaimana proses penyebaran informasi mengenai dan bahayanya, mengedukasi mengenai ciri hoax.

Categories

Archive

Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Brawijaya

Jalan Veteran No. 8 Malang-Indonesia


© FILKOM UB. All rights reserved.